Tips Memilih Desktop PC untuk Gaming

Deskripsi: Apakah Anda seorang gamer dan tertarik untuk pindah platform gaming ke PC? Simak tips-tips sebelum memilih desktop untuk gaming berikut.

Dengan semakin canggihnya perkembangan game, bermain game kini membutuhkan spesifikasi device yang semakin berat. Baik itu di konsol, ponsel, maupun pada komputer. Karenanya banyak yang memilih bermain pada desktop PC karena kapabilitasnya yang lebih besar.

Bermain permainan mobile dengan PC tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Banyak kelebihan bermain pada platform pc. Mulai dari segi grafis yang lebih hidup, lag time sedikit, hingga kemudahan kontrol game.

Namun, komputer dengan spesifikasi biasa seringkali tidak cukup untuk game berat. Solusinya yaitu mencari desktop PC khusus untuk gaming. Apakah Anda tertarik membeli desktop pc? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

1. Laptop Gaming vs Desktop

Pertama, pertimbangkan apakah desktop gaming adalah pilihan yang tepat. Karena sekarang juga sudah banyak laptop gaming yang lebih portabel. Anda pun tak perlu repot-repot merakit sendiri komponen di dalamnya.

Namun, laptop memiliki hardware yang tidak fleksibel dan sulit untuk Anda upgrade. Sehingga tidak memungkinkan jika ingin memainkan game dengan spesifikasi lebih tinggi.

2. Rakit PC vs Beli Jadi

Selanjutnya, pertimbangkan apakah akan rakit PC atau beli komputer yang sudah jadi. Rakit PC memerlukan ketelitian dan kemampuan khusus, sulit bagi pemula. Namun, Anda bisa lebih berhemat dan menentukan sendiri hardware yang akan Anda gunakan.

Lain halnya dengan PC terbaik untuk gaming yang sudah jadi atau siap pakai. Harganya jauh lebih mahal daripada merakit sendiri.

3. Spesifikasi Game dan Kebutuhan

Tips memilih desktop pc untuk gaming murah adalah menyesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan game-game Anda. Dengan demikian Anda tidak akan membeli hardware PC dengan spesifikasi yang melebihi kebutuhan Anda.

4. CPU

Memilih CPU yang bagus juga penting untuk memastikan game berjalan dengan mulus. Untuk desktop gaming, sebaiknya memilih prosesor dengan kapasitas tinggi seperti Intel Core. Pilihlah CPU terbaru dalam beberapa tahun belakang.

5. GPU

Grafis adalah komponen lain penunjang game. Game yang semakin canggih akan memerlukan kartu grafis semakin tinggi. Kartu grafis standar akan tidak cukup dan Anda memerlukan kartu grafis lebih baik seperti NVIDIA Geforce ke atas.

6. RAM

Game PC terbaru semakin hari semakin membutuhkan kapasitas RAM yang tinggi. Jika ingin memiliki desktop gaming, setidaknya pilih yang memiliki RAM 16 GB agar bisa memainkan berbagai permainan terbaru.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ada hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan juga misalnya memilih memori SSD atau HDD, konektivitas, dan lain sebagainya. Terutama jika Anda merakit sendiri. Untuk lebih lanjut, Anda dapat mempelajari tutorial-tutorial merakit desktop PC gaming di internet.